Results 1 to 2 of 2
http://idgs.in/776286
  1. #1

    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    319
    Points
    502.80
    Thanks: 9 / 13 / 6

    Default Begini Cara Buat Kartu MicroSD Jadi Memori Internal Android

    Banyaknya aplikasi dan fitur multimedia yang bisa diinstall secara gratis di Google Play Store membuat smartphone membutuhkan ruang penyimpanan lebih besar. Meski saat ini smartphone biasanya hadir dengan memori internal diantara 4-8 GB untuk kelas entry level, namun banyak yang masih kekurangan opsi penyimpanan. Slot tambahan untuk kartu MicroSD pun jadi opsi menambah kapasitas penyimpanan.

    Namun setting awal smartphone biasanya akan menjadikan memori internal sebagai media penyimpanan utama. Jika Anda mendownload aplikasi dan game dalam jumlah banyak, maka memori ini tidak akan cukup. Selain itu memori internal yang penuh juga akan memperlambat kinerja smartphone. Sebagai opsi, Anda bisa menjadikan kartu MicroSD sebagai media penyimpanan utama. Tergantung jenis smartphone yang dimiliki, Anda bisa memakai MicroSD hingga kapasitas simpan 64 GB bahkan lebih, sehingga bisa menyimpan bermacam file tanpa mengurangi kinerja smartphone.

    Bagi Anda yang ingin membuat kartu MicroSD sebagai memori internal Android, begini caranya!

    1. Jika Anda Baru Pertama Kali Memasukkan MicroSD ke Smartphone

    Jika Anda baru membeli smartphone baru dan memasukkan kartu MicroSD ke dalamnya, akan muncul pilihan Setting dimana Anda bisa menjadikannya memori internal secara default

    Saat baru dimasukkan, smartphone pasti akan memberikan notifikasi jika ada kartu memori baru yang terdeteksi
    Pilihan yang tersedia adalah ‘Set Up’ dan ‘Eject’. Pilih Set Up
    Scroll hingga menemukan ‘Use as Internal Memory‘
    Setelah itu Anda tinggal ikuti prosesnya klik next dan next hingga selesai
    Done!

    2. Jika Anda Ingin Ubah Penyimpanan ke MicroSD

    Cara berikut ini bisa dilakukan jika sebelumnya Anda menggunakan memori internal smartphone sebagai default penyimpanan dan ingin mengubahnya ke MicroSD.

    Back up terlebih dahulu semua data yang ada di kartu MicroSD Anda, bisa ke laptop, HDD eksternal maupun flashdisk
    Setelah itu buka Settings > Storage & USB > SD Card
    Klik ikon tiga dot yang ada di bagian kanan atas layar
    Di menu drop down pilih ‘Settings’
    Selanjutnya pilih “Format as Internal”
    Akan ada notifikasi berisi peringatan jika SD card akan diformat untuk membuatnya aman digunakan. Selain itu SD card tersebut hanya akan bekerja di smartphone Anda saat ini dan tidak bisa digunakan jika dipindah ke smartphone lain
    Jika sudah OK, pilih ‘Erase & Format’ dan klik OK untuk melanjutkan
    Done!
    Mengenai kartu microSD yang hanya akan bisa digunakan di smartphone Anda dikarenakan telah dienskripsi untuk menjaga keamanan Android. Anda Jadi yang bisa ‘membacanya’ adalah perangkat pertama yang menggunakan microSD tersebut. Dengan kata lain, jika suatu waktu ingin memindahkan kartu microSD ke smartphone lain, PC atau Laptop via card reader, kartu microSD tersebut tidak akan terdeteksi. Menurut Google, ini dilakukan untuk menjaga keamanan Android itu sendiri.

    Sebagai tambahan, jika Anda memutuskan menggunakan microSD sebagai penyimpanan default, ada baiknya untuk menggunakan kartu microSD yang berkualitas karena akan langsung mempengaruhi kinerja smartphone. Ada baiknya menggunakan microSD kelas 10 agar smartphone tetap ngebut meski dipakai menyimpan berbagai jenis aplikasi dan game.

    Ikuti terus KabarGames untuk tahu lebih banyak tutorial menarik mengenai penggunaan smartphone maupun gaming. Ada juga berita seputar gadget dan games terbaru di setiap harinya. Tak ketinggalan, ada berbagai tips & trik menarik dan juga review mengenai perangkat gaming.

    sumber: Begini Cara Buat Kartu MicroSD Jadi Memori Internal Android

  2. Hot Ad
  3. #2

    Join Date
    Jan 2017
    Posts
    137
    Points
    9.20
    Thanks: 6 / 1 / 1

    Default



    nice info

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •