Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang. Kini semua orang bisa mencari apapun lewat internet, entah itu tugas sekolah, resep masakan, urusan kerja, tips gaming dan masih banyak lainnya. Namun masih sedikit yang peduli dengan keamanan dan menjaga privasi saat online. Hal ini yang membuat ancaman keamanan siber semakin meningkat.

Contohnya saja munculnya malware dan ransomware seperti WannaCry dan BadRabbit yang sempat menghebohkan dunia. Ini seharusnya menyadarkan Anda sebagai pengguna untuk meningkatkan keamanan perangkat ketika browsing agar tak ada data sensitif yang bisa dicuri orang tak bertanggungjawab.

Selain menggunakan anti-virus, Anda juga bisa menyembunyikan IP menggunakan VPN untuk kegiatan browsing yang lebih aman dan nyaman. Berikut ini ada 5 alasan kenapa Anda perlu menyembunyikan alamat IP.

1. Menyembunyikan Lokasi Geografis

Hanya dengan IP address dan juga informasi ISP (Internet Service Provider) sudah punya akses secara luas tentang riwayat browsing internet Anda, seseorang bisa melacak lokasi Anda secara detail. Hal ini bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab tersebut untuk kepentingannya sendiri.

2. Mencegah Pelacakan

Saat ini wi-fi gratis banyak di jumpai di berbagai tempat umum, misalnya di cafe, bandara, restoran, hotel dan sebagainya. Ada banyak orang yang bisa melacak pencarian yang Anda lakukan selama terhubung dengan jaringan tersebut.

Misalnya saja pengelola jaringan wi-fi yang bisa menjual data Anda kepada advertiser untuk keperluan jualan, ada juga hacker yang bisa secara diam-diam mengakses informasi penting Anda. Menyembunyikan IP saat menggunakan jaringan publik bisa membuat Anda tak terlihat sehingga aman dari hal-hal berbahaya yang mungkin mengintai selama online menggunakan wi-fi gratis.

3. Menghindari Iklan

Histori pencarian Anda menggunakan internet selalu meninggalkan cache yang digunakan advertiser untuk menjadikan Anda target produk atau jasa yang dijual berdasarkan kebiasaan browsing Anda. Pernah heran kenapa tiba-tiba hotel yang baru Anda lihat bisa muncul informasinya ketika Anda nonton YouTube? Nah, dengan menyembunyikan IP maka aktivitas online Anda akan tak terlihat sehingga tidak ada aktivitas yang bisa dijadikan dasar advertiser untuk menampilkan iklannya dimana pun Anda browsing.

4. Bypass Blokir Internet

Selain dapat merasakan rasa lebih aman saat sedang terhubung dengan internet, menyembunyikan alamat IP juga bisa membuat Anda mampu membuka website yang diblokir karena alasan tertentu, misalnya mengandung unsur kekerasan maupun pornografi. Anda hanya membutuhkan layanan VPN untuk sembunyikan IP Anda.

5. Menghindari Jejak Digital

Dengan menyembunyikan alamat IP, Anda berarti sudah mencegah terciptanya jejak digital dari aktivitas online. Dengan begini Anda akan tetap anonim saat browsing berbagai situs tanpa meninggalkan jejak. Anda pun bisa mengakses situs apapun tanpa harus takut gangguan dari pihak yang tak berkepentingan.

Dengan menjaga keamanan selama browsing, perangkat maupun data pribadi Anda akan jauh lebih aman dari tangan rang-rang tak berkepentingan yang selalu berusaha mencari celah keamanan siber untuk mencari mangsa

Yuk menjadi pengguna internet yang lebih cerdas dan lebih melek cara melindungi diri dari hal-hal buruk yang bisa menyerang saat terhubung ke internet. Ikuti terus KabarGames untuk mendapat update mengenai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, gadget dan games. Ada berita gadget dan games terbaru, tips & trik seputar gaming dan smartphone, review hingga berbagai tutorial menarik.

sumber: Inilah 5 Alasan Kenapa Anda Harus Menyembunyikan Alamat IP