The Metallica Blacklist merupakan album kompilasi “tribute” yang paling megah dalam sejarah musik. Bagaimana tidak, mega proyek ini menampilkan 53 artis lintas genre, bangsa dan generasi. Dari artis pendatang baru hingga nama-nama besar yang legendaris. Sebut saja: Alessia Cara, The Warning, Ha*Ash, Rina Sawayama, Cage the Elephant, J Balvin, Miley Cyrus, Chris Stapleton, Phoebe Bridgers, Ghost, Biffy Clyro, Corey Taylor, Weezer, Elton John, dan masih banyak lagi.

Semua artis tersebut mengcover 12 lagu dari album self-titled Metallica yang lebih dikenal sebagai “The Black Album”. Dari tiap 12 lagu, nampaknya tiap artis bebas memilih lagu mana yang ingin mereka cover. Hasil akhirnya, lagu ‘Nothing Else Matters’ paling banyak peminatnya. Kedua, ‘Sad But True’ dan ‘The Unforgiven’, dan ketiga, ‘Enter Sandman’.

Album “tribure to The Black Album” tersebut telah dirilis berbarengan dengan reissue Metallica “The Black Album” pada 10 September 2021. Dalam rangka memperingati 30 tahun mahakarya keramat bagi sejuta umat rock dan metal seantero jagat.

The Metallica Blacklist Ranked From Worst To Best
Masih dalam suasana euforia selebrasi tiga dekade album yang telah mengubah hidup jutaan orang ini, kami membuat daftar urutan peringkat 53 lagu dari 53 artis yang terburuk hingga terbaik dalam The Metallica Blacklist. Sebagian besar artis mengcover dengan versinya masing-masing. Baik menurut genre, instrumen yang dimainkan maupun karakter dari artis itu sendiri. Hasil musikalitas aransemen lagunya pun berbeda-beda.

Golongan lagu-lagu yang baik dan terbaik adalah mereka yang berhasil merombak lagu versi aslinya secara signifikan dan cerdas. Golongan lagu-lagu yang buruk adalah mereka yang gagal menciptakan sebuah lagu cover yang menarik. Dan yang terburuk adalah mereka yang tidak mengcover melainkan hanya me-remix lagu aslinya ke dalam musik ciptaannya. Umumnya dilakukan oleh para pengusung hip hop.

The Black Album Dalam Bentuk Variasi Genre
Di sini lo akan menemukan lagu-lagu “The Black Album” dalam variasi genre yang kaya. Sebut saja: pop, hip hop, jazz, county, latin, reggaeton, folk, techno, rock, alternative rock, punk rock, dan tentu saja heavy metal. Gila ya, bisa terbayang betapa serunya album kompilasi ini.


Sumber: https://matamatamusik.com/the-metall...uk-ke-terbaik/