Di tengah maraknya industri musik yang secara masif sudah memasuki ranah digital, Warner Music Group (WMG) selaku perusahaan rekaman skala dunia menjalin kerja sama dengan Twitch, sebuah layanan video streaming milik Amazon yang berpusat di Amerika Serikat. Dengan demikian seluruh katalog artis milik WMG tentu bisa kita saksikan lewat layanan video streaming ini.

Sebagai langkah awal dari perjanjian tersebut Warner akan meluncurkan kanal perdana artis mereka dan menampilkan Bella Poarch, Saweetie dan penyanyi/produser Atlantic Records yang sedang melambung namanya, Sueco. Dalam kanal ini juga akan menampilkan beberapa konten eksklusif dan beberapa tayangan mengenai kegiatan di balik layar para artis.

Tentu saja tayangan yang akan disiarkan lewat Twitch akan dikurasi secara profesional oleh IMGN media. Perlu diketahui IMGN adalah perusahaan digital kreatif yang telah diakuisisi oleh WMG pada tahun lalu. “Langkah ini akan memberdayakan peluang Warner Music untuk memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Twitch. Berpeluang untuk membuka pendapatan tambahan serta menjadi jalan untuk lebih mengenal para pengguna Twitch dengan baik,” ungkap media tersebut.

Di sisi Twitch sendiri kini telah menandatangani dua kesepakatan bisnis musik yang signifikan selama kurang dari dua minggu. Pekan lalu bersama The Nasional Music Publisher Association (NMPA), Twitch membangun suatu kesepakatan untuk bermitra dalam lingkup layanan dan penerbitan musik.

Maraknya Pelanggaran Terhadap Karya Warner Music Group
Twitch juga mengumumkan bahwa mereka telah menciptakan suatu regulasi. Pemegang hak musik yang terdaftar, dapat mengambil tindakan untuk melaporkan penggunaan tertentu dari musik mereka. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pembuat konten yang menggunakan musik dari katalog mereka tanpa izin baik disengaja maupun tidak disengaja.

Oana Ruxandra selaku Chief Digital Officer dan EVP, Business Development dari WMG mengatakan, “Sangat jelas jika Twitch menjadi ruang yang sangat diperlukan bagi semua pembuat konten untuk terhubung dengan komunitas penggemar mereka.”

Tracy Chan selaku VP, Head of Music dari Twitch menambahkan, “Twitch selalu dan terus menjadi media pertama bagi penggemar, artis, dan semua kreator untuk menjalin komunikasi yang bermakna secara langsung di Twitch. Hal itu dipastikan akan terus berkembang setiap harinya.”

“Kami menghargai pendekatan mutualisme oleh rekan-rekan kami di Warner Music dan menantikan kemitraan yang produktif,” lanjut Tracy menanggapi kerja sama tersebut.


Sumber: https://matamatamusik.com/warner-mus...dengan-twitch/