gw mo share tentanng mitos yg selama ini ada dimasyarakat kita ternyata salah
JIKA MESIN KENDARAAN TIBA-TIBA MATI DITENGAH REL
KERETA
Mengapa jika mesin kendaraan bermotor tiba-tiba mati
di lintasan rel
kereta api sulit dihidupkan lagi ?
Ternyata itu disebabkan adanya pengaruh gesekan antara
roda kereta
dengan relnya. "Jadi, bukan semata-mata karena
sopirnya gugup
sehingga tidak bisa menghidupkan mesin kendaraannya, "
kata Dr Ir.
Djoko Sungkono, kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik
Mesin Institut
Teknologi Surabaya (ITS).
Selama ini sering terjadi kendaraan bermotor tiba-tiba
mati mesinnya
saat melintas di atas rel kereta api. Itu terjadi
terutama ketika
ada kereta yang mau lewat. Pengendaranya kesulitan
menghidupkan
kembali mesin kendaraannya itu. Akibatnya, kendaraan
bermotor itu
ditabrak
kereta dalam hitungan sekian puluh detik berikutnya.
Kasus terbaru adalah seperti yang dialami Rektor dan
Pembantu Rektor
III Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Keduanya
tewas karena
mobil yang sedang melintas rel dihantam kereta api.
Djoko lalu
mengingatkan, jika mesin mobil tiba-tiba mati di atas
rel, maka
hendaknya penumpangnya segera keluar dan mendorongnya
. Jika tidak,
akan sangat membahayakan jika kereta segera lewat. Dan
jangan
berusaha menghidupkan mesin! Yang anda lakukan adalah,
keluar! dan
mendorongnya! Kalopun anda gak sempat mendorong,
setidaknya anda
sudah berada diluar kendaraan dan bisa sewaktu-waktu
lari menghindar.
Mengapa mesin bermotor susah dihidupkan? Kata Djoko,
terjadi
impedansi yang ditimbulkan oleh pergesekan roda kereta
api dan
relnya. Dan, impedansi itu yang cukup untuk
mengakibatkan mesin mobil
yang mati sulit menyala kembali. Kejadian itu terutama
berpengaruh
pada mobil atau kendaraan yang berbahan bakar bensin,
meskipun
kendaraan berbahan bakar solar juga ada yang
terpengaruh. "Pada
kendaraan yang berbahan bakar bensin, starternya
digerakkan oleh
dinamo," paparnya. Dari dinamo ini dihasilkan medan
magnet yang
selanjutnya menggerakkan mesin mobil. Djoko
mengatakan, hal tersebut
tidak jadi masalah bila mesin mobil tersebut tidak
mati. Namun bila
mesin tersebut mati maka akan sulit untuk dihidupkan
lagi. Medan
impedansi tersebut tidak diperlukan jarak yang dekat
untuk itu. Hal
tersebut sudah mulai dapat berpengaruh ketika kereta
api masih
berjarak 1,5 km lokasi lintasan di mana kendaraan
bermotor itu
melintas rel.
Jadi langkah terbaik yang harus dilakukan : dorong
kendaraan ( kalau
mobil, segera keluar dari kendaraan) anda dari rel
kereta baru
setelah itu coba hidupkan kembali mesin mobil anda.
jadi selama ini kalo kata orang ada penunggunya di pintu rel kereta api ternayata itu hanya mitos belaka
Share This Thread