Page 4 of 8 FirstFirst 12345678 LastLast
Results 46 to 60 of 109
http://idgs.in/19241
  1. #46

    Join Date
    Nov 2006
    Location
    Twisting Nether
    Posts
    84
    Points
    110.70
    Thanks: 0 / 1 / 1

    Default

    Bagi yang malas baca silahkan lompat langsung ke nomor 5 ;-)

    Ini... banyak salah kaprah tentang WoW Emulator pada umumnya dan MaNGOS pada khususnya, gw coba sampaikan apa yg gw ngerti, bagi yg lebih ngerti dan baca ini post gw mohon tambahin...

    1. Apa sih WoW?
    WoW atau World of Warcraft adalah sebuah game MMORPG (Massively Multiplayer-Online Role-Playing Game) dari Blizzard yang bisa dimainkan dengan syarat2 antara lain:
    a. Punya koneksi internet memadai
    a. Beli CD/DVD WoW supaya dapat CD-Key
    b. Install, terus connect ke Battle.Net pake CD-Key terlampir
    c. Beli Subskripsi (Voucher) tiap bulan

    2. Apa sih WoW emulator?
    WoW yang kita install di PC kita di sebut juga WoW Client, untuk bisa main dg komunitas global, kita harus terhubung dengan yang disebut WoW Server, lewat protokol tertentu (Internet TCPIP). WoW Client bisa diperoleh dengan mudah baik secara legal maupun illegal, sedangkan WoW Server hanya dimiliki oleh pemiliknya dalam hal ini Battle.Net/Blizzard. Konsekuensinya, publik tidak mengetahui bagaimana wujud software WoW Server ini.
    Sedangkan WoW emulator adalah suatu produk software hasil karya dan usaha sekelompok orang yang berusaha membuat sisi Server dari WoW sehingga pengguna WoW Client bisa melakukan koneksi terhadapnya, di luar lingkup Battle.Net. Secara gampang (meski tidak tepat) bisa kita katakan WoW emulator adalah suatu tiruan dari WoW Server.

    3. Lalu apaan sih yang disebut2 MaNGOS itu?
    MaNGOS adalah suatu software yang bertujuan membuat sisi server untuk game MMORPG secara umum. Mereka tidak digaji oleh siapa2 dan tidak meminta bayaran dari siapa2 untuk karya mereka.
    Developer MaNGOS membantah secara keras (karena alasan2 hukum) bahwa mereka memang bertujuan membuat tiruan WoW Server supaya bisa dihubungi oleh WoW Client, kalaupun toh MaNGOS bisa digunakan bermain WoW.. yah, itu cuma kebetulan saja
    Karena developer MaNGOS bekerja secara sukarela, maka pada umumnya orang-orang yang mengoperasikan MaNGOS pun tidak menarik bayaran untuk setiap client yang terhubung.
    Dan karena alasan2 hukum tentu saja identitas dan keberadaan mereka di dunia nyata cukup dirahasiakan.

    4. Private Server? Apaan tuh?
    Private Server adalah mesin (komputer) yang mengoperasikan suatu WoW emulator (MaNGOS misalnya) sehingga orang-orang yang memiliki koneksi internet dan WoW Client dapat terhubung dengannya dan bermain di dalamnya. Untuk bisa menjalankan suatu private server dengan baik, harus memiliki antara lain:
    a. Mesin (komputer) yang cukup tangguh, kalau bisa lebih dari 1 buah
    b. Bandwith internet yang besar, upload dan download.
    c. Sumber daya manusia untuk pemeliharaan dan lain-lain
    d. Biaya, tentu saja untuk point a, b, dan c di atas tidak mungkin gratis kan?
    Private server dimiliki oleh orang atau sekelompok orang tertentu yang biasanya menerapkan aturan-aturan tertentu bagi mereka pemilik WoW Client yang ingin main bersama2.

    5. Gimana sih cara kerja MaNGOS? Kok banyak bug melulu?
    Team pembuat/pengembang MaNGOS yang tidak digaji dan tidak minta digaji seperti dah disebutkan di nomor 3 di atas, senantiasa berusaha menyempurnakan karya mereka.
    Tidak seperti meniru sebuah barang yang nyata, misalnya katakanlah motor **** meniru motor jepang, proses pembuatan MaNGOS benar2 berangkat dari 0, NOL BESAR, kenapa? Karena tidak seorang dari team MaNGOS pun memiliki contoh (source code) WoW Server yang tentu saja disimpan rapat2 oleh Blizzard.
    Jadi yang dapat mereka lakukan adalah membuatnya PERLAHAN-LAHAN, tahap demi tahap, BELAJAR DAN MEMPERBAIKI DARI SETIAP BUG YANG MUNCUL.
    Misalnya begini; Katakanlah MaNGOS belum memiliki sistem duel untuk WoW, maka team akan mempelajari aspek2 yang diperlukan untuk membuat suatu sistem duel lalu akan membuatnya pelan-pelan. Setelah diimplementasi, lalu saat dicoba lah kok character yang kalah duel meninggal betulan?? Dari laporan user ini maka team MaNGOS bisa mengevaluasi kembali sistem duel mereka, apa yang kurang dan apa yang salah sehingga saat MaNGOS versi baru diluncurkan, perbaikan sudah termasuk di dalamnya.

    6. Bisa lebih detail lagi gak mengenai cara kerja MaNGOS?
    MaNGOS sebenarnya terbagi dua:
    a. MaNGOS core adalah engine yang menjalankan rutin-rutin server seperti bagaimana karakter bisa attack, bisa cast spell dll.
    b. Database adalah kumpulan data seperti berapa attack yang dikeluarkan karakter anu, spell apa yang bisa di cast karakter anu dll.
    c. LUA Script adalaha teknik scripting yang berguna khususnya untuk mengendalikan prilaku NPC, monster dan gameobject lainnya.

    Seluruh aspek2 ini merupakan proyek yang sangat besar karena itu mereka dipisahkan, team aseli pengembang MaNGOS kini hanya konsentrasi mengembangkana core engine saja sedangkan sisi databasenya kini terutama dikerjakan orang-orang dari Silver DB.
    Sedangkan untuk sisi scripting saat ini masih terbagi dua kubu: MangoScript dan ScriptDev2.

    Untuk bug-bug yang ditemukan dalam game, bisa dikatagorikan menjadi:
    a. Bug dari core, misalnya bug feigndeath nya hunter yang terkenal itu ;-)
    b. Bug dari database, misalnya suatu item tidak memiliki statistik yang benar
    c. Bug dari sistem database, seperti ranking karakter yang tidak naik-naik
    d. Bug dari Scripting Engine, misalnya NPC di kota jadi gagu atau monster digebukin diam aja.
    e. Kombinasi dari bug-bug di atas, ini merupakan mimpi buruk karena lebih sulit ditelusuri

    7. Kalau yang disebut2 update itu gimana cara kerjanya?
    Secara teratur, team MaNGOS (core, database dan Script) senantiasa mengeluarkan versi yang lebih baru, perbaikan yang berdasarkan bug-bug yang ditemukan user.
    Pengelola private server (AMPM misalnya) bisa melakukan update-update ini jika dirasa perlu, akan tetapi ada saling ketergantungan antar ketiga aspek MaNGOS yang harus diperhatikan dalam proses update.
    Kita tidak dianjurkan untuk melakukan update hanya dari sisi core nya saja atau database nya saja, misalnya, team MaNGOS selalu mencantumkan kompatibilitas yang diperlukan untuk sebuah update.
    Misalnya ingin update core MaNGOS ke versi 3240, maka harus melakukan update database juga sampai revisi 128, contohnya.
    Terkadang core MaNGOS mengalami perubahan radikal yang menyebabkan perubahan pada struktur datanya yang mau-tidak mau mengharuskan private server melakukan RESET realm karena ketidaksesuaian database yang terlampau jauh (sebenarnya ga direset juga bisa, asal pengelola private servernya memiliki SDM database yang berkualitas dan mumpuni).

    8. Benar ga isu perbaikan suatu bug menyebabkan bug lain?
    Ini isu ga bener, kalau toh seperti baru2 ini perbaikan feign death menyebabkan eror bos bwl dsb, ITU CUMA KEBETULAN bug bwl muncul setelah revisi feign death. Kalau anda mengerti sedikit saja tentang database, tentu bisa mengerti bahwa hal semacam ini tidak ada hubungannya sama sekali.
    Just lucky...

    9. Benar ga isu reset realm bisa ngilangin bug2 yang ada?
    Ini juga ga bener. Kalau realm direset tapi perbaikan untuk suatu bug yang spesifik belum diimplementasikan, ya dijamin 100% setelah reset bug yang sama akan muncul lagi.

    10. Bersambung kalo ada pertanyaan (capek ngetiknya neh zzz)

  2. Hot Ad
  3. #47
    [A]ristoteles's Avatar
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    Jakarta
    Posts
    815
    Points
    991.60
    Thanks: 1 / 0 / 0

    Default

    oohhh.ya semoga bener de boss..gw kan cuman meneliti doang kan gw bilangnya kyaknya...huhuhuhuhuh
    Public:[A]ristoteles clan Digi

  4. #48
    Seneca's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    Bandung - Jakarta
    Posts
    626
    Points
    726.50
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    @mrkobiss : Nice Post dude .. semoga yang lain mengerti dengan postingan tersebut ::jumpsmile::

    Yang ketawa terakhir dia pemenangnya - Seneca ( retired )

  5. #49

    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    0
    Points
    15.60
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    Betul sekali... Saya sangat mendukung RESET.. Lagian seminggu ini server AMPM bener2 kacau.. pada bukannya ngeraid bener bener ehh malah pada rajin nyambung ayam ehhh nyambung Vail ama brood dkk zzzz
    konyol

  6. #50
    [A]ristoteles's Avatar
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    Jakarta
    Posts
    815
    Points
    991.60
    Thanks: 1 / 0 / 0

    Default

    ga tau ah gw gelap matanya kunang2 maen ga jadi seru lg...
    Public:[A]ristoteles clan Digi

  7. #51
    [A]ristoteles's Avatar
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    Jakarta
    Posts
    815
    Points
    991.60
    Thanks: 1 / 0 / 0

    Default

    horeee hordenya abis dari peredaraannnnnnnnnnnnnnnnnnnn
    Public:[A]ristoteles clan Digi

  8. #52
    basgol's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    644 421
    Posts
    2,134
    Points
    2,022.52
    Thanks: 2 / 1 / 1

    Default

    siegpunker kekyna stres ya mati mulu^^ .. ampe2 ngewhisp jadeith hordenya uda ga ada yg maen lagi ALLY aja maen sendiri haha ROFLMAOBBQ kekocok perut gw lo ngomong gitu...
    200 members, 1 aim, 1 guild, 1 success story
    guild=work as 1, play as 1, fight as 1, succeed as 1
    hope for the best, but prepared for the worse
    play whole day=no life, work whole day=no life, criticizing others no life=life

  9. #53
    [A]ristoteles's Avatar
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    Jakarta
    Posts
    815
    Points
    991.60
    Thanks: 1 / 0 / 0

    Default

    ga stress mang sengaja koq basg0l...da cape maennya gw bawa heppy2 aja koq
    Public:[A]ristoteles clan Digi

  10. #54
    FUNTIME's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Posts
    120
    Points
    153.00
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    Aduh jadi sama ni gw jg puisng.. uuhh..

  11. #55
    indianicrasta's Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    depok
    Posts
    127
    Points
    154.10
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    Quote Originally Posted by MrKobiss View Post
    Bagi yang malas baca silahkan lompat langsung ke nomor 5 ;-)
    8. Benar ga isu perbaikan suatu bug menyebabkan bug lain?
    Ini isu ga bener, kalau toh seperti baru2 ini perbaikan feign death menyebabkan eror bos bwl dsb, ITU CUMA KEBETULAN bug bwl muncul setelah revisi feign death. Kalau anda mengerti sedikit saja tentang database, tentu bisa mengerti bahwa hal semacam ini tidak ada hubungannya sama sekali.
    Just lucky...

    9. Benar ga isu reset realm bisa ngilangin bug2 yang ada?
    Ini juga ga bener. Kalau realm direset tapi perbaikan untuk suatu bug yang spesifik belum diimplementasikan, ya dijamin 100% setelah reset bug yang sama akan muncul lagi.

    10. Bersambung kalo ada pertanyaan (capek ngetiknya neh zzz)
    bener kata seneca nih,, nice post dude... gw pinjem yah tulisan lu,, ahuahua,,,,,

    cmn point ke 8,, itu salah,, isu itu bener,, soalnya perbaikan suatu bug itu perlu coding yang tepat,, nah coding itu yang terkadang membuat codingan lainnya itu jadi makin parah...,,itu klo bug Core yang lu sebutin di atas...::showoff::

    asli gw pinjem yah postingan lu....ahuahuahuaha
    YiuuNet Administrator..
    Kita maen bukan untuk jago,, kita maen juga bukan karena jago...
    tapi.. kita maen untuk menunjukan keIdiotan kita...
    salam hangat Yiuu^^

  12. #56
    [A]ristoteles's Avatar
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    Jakarta
    Posts
    815
    Points
    991.60
    Thanks: 1 / 0 / 0

    Default

    tuh kan hehehehhehe ^^ ic ic
    Public:[A]ristoteles clan Digi

  13. #57

    Join Date
    Feb 2007
    Location
    Everywhere
    Posts
    37
    Points
    53.00
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    Jadi jadi jadi... Rset gak ?? reset gakk??
    sieg punker mending bantuinn g bikin horde wahahahahhaha =p




    -Lemonade-

  14. #58
    [A]ristoteles's Avatar
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    Jakarta
    Posts
    815
    Points
    991.60
    Thanks: 1 / 0 / 0

    Default

    gampang gw bantuin de...tapi enaknya ma reset..wkwkkwkwk kasian ntar lo equipnya dari 0 lg..skrg kan susah huntnya...
    Public:[A]ristoteles clan Digi

  15. #59

    Join Date
    Nov 2006
    Location
    Twisting Nether
    Posts
    84
    Points
    110.70
    Thanks: 0 / 1 / 1

    Default

    @[A]ristoteles: Yah, ini juga just FYI kok

    @Seneca: Thx for support dude..

    @easy: swt dah, ternyata ada juga yang lompat langsung ke point nomor 10 ya

    Konfirmasi:
    Saya TIDAK mendukung reset, selama alasannya tidak tepat.
    Sebaliknya, saya MENDUKUNG reset, selama alasannya tepat.
    Tapi...
    Saya PASRAH dengan keputusan pengelola PS, karena ini toh:
    a. Mesin mereka
    b. Bandwith mereka
    c. SDM mereka
    d. Biaya mereka
    e. Pokoke ini PS mereka mau diapain juga terserah mereka toh? Bagi yang main di sini yaa resiko kita sendiri kan?


    @indianicrasta:

    Quote Originally Posted by indianicrasta View Post
    ...nah coding itu yang terkadang membuat codingan lainnya itu jadi makin parah...
    Kamu bilang "terkadang" kan? kalo saya pake istilah di point 8 "kebetulan"

    Quote Originally Posted by MrKobiss View Post
    ...kalau toh seperti baru2 ini perbaikan feign death menyebabkan eror bos bwl dsb, ITU CUMA KEBETULAN bug bwl muncul setelah revisi feign death.
    Pada banyak kesempatan frasa "terkadang" memiliki makna yang sama dengan "kebetulan", apalagi pada konteks pembicaraan kita ini... so menurut dugaan gw sebenernya kita sepaham cuma beda istilah aja brur

    Back to karya tulis (lol) ...

    11. Bisa jelasin sedikiiit aja gak soal lika-liku bug yang ngeselin ini?

    Dalam setiap siklus pengembangan software, apapun, termasuk MaNGOS, amat sulit menghindari munculnya suatu bug, tidak perduli seberapa profesional para codernya (contoh klasik: produk micro$oft banyak bug, tapi tidak berarti Linux dan turunan Unix lain bebas bug), tidak perduli seberapa besar digajinya team coder (lihat contoh klasik tadi) yang namanya bug dalam rekayasa software selalu akan menghantui para developer software di manapun.

    Bug dalam penulisan software secara umum bisa dikatagorikan menjadi 2:

    a. Bug Penulisan
    Adalah kesalahan dalam disiplin penulisan source code. Bug ini bisa ditemukan dan diperbaiki secara cepat karena dapat diburu-sergap pada saat kompilasi source code, selama menggunakan kompiler yang baik.

    b. Bug Sistemik
    Bug ini jenis yang lebih sulit ditemukan karena baru muncul pada saat run-time, misalnya suatu program dirancang lewat beberapa tahun silam, telah berjalan baik dan memuaskan, tiba-tiba baru-baru ini dia nge crash sama sekali ketika dijalanin di komputer terbaru dan tercanggih, tanya kenapa?
    Ternyata penyebabnya sederhana saja, program itu memang tidak dirancang untuk mesin secanggih itu. Ini kisah nyata loh (Turbo Pascal).

    Kalau dalam konteks yang kita-kita alami: bugger baru kepergok saat sedang by one vs Nefarian, misalnya


    Disamping kedua bug tersebut, masih ada sejenis bug yang lebih mengerikan:

    Bug Berantai, dari namanya sudah kelihatan: Jenis ini akan membuat team coder sakit jiwa karena jika 1 bug diperbaiki, muncul sodaranya, dan seterusnya dan seterusnya mati satu tumbuh seribu, hiiii....
    Bug jenis ini hanya bisa terlahir karena buruknya perancangan suatu sistem software dan atau buruknya kerjasama dan komunikasi pada team pembuat software itu sendiri.

    Beberapa orang telah merasa curiga bahwa bug jenis ini telah menghinggapi MaNGOS.

    Kalau MENURUT SAYA PRIBADI:
    Untuk source code core MaNGOS sendiri saya percaya sudah dirancang cukup profesional dan modular, artinya setiap anggota team sudah punya bagiannya sendiri untuk dikerjakan, jadi tidak serabutan dan "kacau" seperti source code hasil kerjaan satu orang saja, dengan demikian team MaNGOS sudah berusaha mengambil langkah pencegahan munculnya bug tipe kedua di atas, termasuk juga kemungkinan munculnya Bug Berantai.

    Jadi yang ingin saya sampaikan di poin ini adalah, sangat sukar bagi manusia dengan segala keterbatasannya (secara akal dan secara teknologi pada saat tulisan ini dibuat) untuk dapat memprediksi dan menangkal semua bug jenis kedua (sistemik) tadi.
    Maybe someday we will... who knows?

    Demikian dari saya, untuk perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
    Weee....
    Abandoned...

  16. #60
    -Vesuvius-'s Avatar
    Join Date
    Oct 2006
    Location
    Gading Jakarta.
    Posts
    51
    Points
    73.30
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default Serah

    reset ga reset terserah,kalo reset ya gpp kita mengulang sesuatu dari awal,g mau mencoba membuat karakter yang sempurna dari awal(huehehehehhe)::jumpsmile::
    kalo ga reset ya gpp g lanjutin char yang ada dan menutupi kekurangan nya....intinya serah GM mo reset ato ga reset.
    Id BN : -VesuVius-
    Nick WoW : Vesuvius


    It's true that no body's Perfect in this world,
    but we must know that nothing is imposibble to do.

    Life is becomes more valuable for it's so Limited.



    "Cervantes is Dead"

Page 4 of 8 FirstFirst 12345678 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •