Results 1 to 4 of 4
http://idgs.in/258942
  1. #1

    Join Date
    Jan 2009
    Posts
    23
    Points
    30.30
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default seputar tentang LAG...

    kk2 sekalian...

    mw tanya donk...

    kok setiap gw maen dota th lag ml yah...

    padahal koneksi bgz...

    dan lagnya th hanya org2 tertentu aj yg cret...

    misal : ada si "A" dan "B" yang buat room...

    pas si "A" cret gx lag, tapi pas si "B" yang cret mla lag ml,,

    dan lagnya th parah bgt...

    mau maen di warnet atopun dhum, asal si "B" yg cret pasti lag mampuz...

    ap gr2 koneksinya ato ap y???

    tapi klo koneksi jg kyana gx msalah, secara jg maupun dhum atopun warnet make koneksi yg bgz...

    dan ping pun bgz, dibawah 20 an mlahan...

    gx ngerti saia knp lag ml itu klo si "B" yg buat,,

    tapi ada temen saia klo si "B" yg buat th gx lag...

    pas saia tanya dy make koneksi fastnet...

    itu knp yah ngmg2 kk...

    tolong kasi pencerahan yah buat saia...

    tq^^...

  2. Hot Ad
  3. #2

    Join Date
    Nov 2006
    Posts
    46
    Points
    69.30
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    Quote Originally Posted by God_of_Shine View Post
    kk2 sekalian...

    mw tanya donk...

    kok setiap gw maen dota th lag ml yah...

    padahal koneksi bgz...

    dan lagnya th hanya org2 tertentu aj yg cret...

    misal : ada si "A" dan "B" yang buat room...

    pas si "A" cret gx lag, tapi pas si "B" yang cret mla lag ml,,

    dan lagnya th parah bgt...

    mau maen di warnet atopun dhum, asal si "B" yg cret pasti lag mampuz...

    ap gr2 koneksinya ato ap y???

    tapi klo koneksi jg kyana gx msalah, secara jg maupun dhum atopun warnet make koneksi yg bgz...

    dan ping pun bgz, dibawah 20 an mlahan...

    gx ngerti saia knp lag ml itu klo si "B" yg buat,,

    tapi ada temen saia klo si "B" yg buat th gx lag...

    pas saia tanya dy make koneksi fastnet...

    itu knp yah ngmg2 kk...

    tolong kasi pencerahan yah buat saia...

    tq^^...
    coba kk dikasi liat contoh gamenya berupa SR nya ..
    beserta ss ping .. dan nick id yg slalu lag tersebut apa ?

  4. #3
    reshine's Avatar
    Join Date
    Jan 2008
    Posts
    2,392
    Points
    2,144.55
    Thanks: 26 / 787 / 361

    Default

    hmmm kita bahas agak teknis yah ...

    aliran data, kecepatan, kapasitas bisa kita ibaratkan dengan jalur bis antar kota. Misalkan kamu dan temanmu ada di Jakarta dan kalian mau ke tempat teman yang lain di Bandung. Kamu menggunakan BIS A sementara Temanmu memilih menggunakan BIS B dan kapasitas kedua bis tersebut sama . Kalian berangkat dari terminal yang sama dan jam yang sama, tapi rute bis tersebut beda. Katakan rute bis A melalui jalur puncak, sementara rute bis B melalui purwakarta. Siapa yang sampai lebih dahulu ?

    jawabannya : Relatif tergantung beberapa faktor :
    1. Lebar jalan yang mereka lalui
    2. banyaknya kendaraan lain yang lewat di jalan yang sama
    3. Kecepatan tempuh bis itu
    4. Kondisi jalan
    5. Tempat-tempat pemberhentian seperti untuk waktu makan, waktu isi bensin dll
    6. Kondisi bis tersebut
    7. Hal-hal insidentil

    kombinasi semua faktor itu mempengaruhi waktu tempuh kita ...

    nah kalau di ibaratkan :
    perusahaan bis adalaha isp kita, bis itu adalah koneksi kita, kita adalah data yang dikirim, kapasitas bis adalah kapasitas bandwidth yang kita beli, rute jalan adalah rute yang dibuat oleh isp kita untuk sampai ke tujuan, terminal awal berangkat adalah rumah kamu, terminal kedatangan adalah server ISP tujuan kamu maka saat pengiriman data itu faktor yang berpengaruh :
    1. Lebar jalan yang dilalui, ini merupakan kapasitas dari jalur bandwidth yang dimiliki oleh isp tersebut. Beberapa ISP menerapkan system shared per wilayah, misalkan mereka membuat backbone 5mbps untuk wilayah jakarta utara nah kapasitas ini di share tidak hanya ke misalkan 40 pelanggan 128kbps ( 40 x 128kbps = 5mbps ) melainkan bisa ke 100 pelanggan 128kbps ... jadi disini backbone sangat berpengaruh
    2. Banyaknya kendaraan lain yang lewat, kendaraan diibaratkan koneksi ataupun data yang lewat jalur backbone yg sama, semakin banyak kendaraan di satu jalan maka kemungkinan terjadi antrian semakin besar nah sama halnya dengan data, semakin banyak data lewat di jalur koneksi yang sama maka akan terjadi antrian data
    3. Kecepatan tempuh bis itu dapat di analogikan dengan latency, hanya saja kalau kecepatan itu dihitung per jam latency dihitung per millisecond. Latency adalah waktu tempuh untuk mengirimkan data dari satu titik ke titik lain.
    4. Kondisi jalan , ini bisa dianalogikan dengan medium transfer data yang dipergunakan. Apakah fiber optic ? kabel lan standar ? wireless ? dll ... dan bukan sekedar dari rumah kamu ke kantor isp tapi juga dari ISP kamu ke OpenIXP / IIX di gedung cyber. Yang terbaik adalah FO
    5. Tempat pemberhentian bisa diibaratkan seperti server-server yang mengolah data pengiriman, bila server kurang bagus dan data banyak maka akan terjadi antrian di tempat pemberhentian ini ... karena koneksi saat kamu ke A atau B itu akan melewati beberapa server ISP kamu...
    6. Kondisi bis, bisa diibaratkan dengan kondisi koneksi kamu saat itu
    7. Hal hal lain, misalkan routing method di ISP , cuaca dll ....

    nah semua faktor itu pengaruh saat kamu connect ke suatu tempat ...

    Bisa jadi A menggunakan ISP yang sama sehingga jalur data kamu ke dia cepat dan tidak delay , sementara B menggunakan ISP lain yang justru dari ISP kamu ke dia ada sedikit trouble tapi dari teman kamu ke tempat B tidak ada masalah atau malahan dia 1 ISP sama si B...

    Ini gambaran peta jalur transfer data secara sederhana :

    Home -- Server ISP -- Server 1 ISP 1 -- Server 2 ISP dst ---- OPENIXP/IIX ---- Server ISP 2 -- server 2 ISP 2 dst -- Tujuan

    itu untuk yang beda ISP ,sementara kalau sama biasanya dari server2 ISP bakal lgsg ke IP tujuan ..

    gimana cara cari tahunya ?

    pertama kamu harus tahu IP server sana, misalkan IP si B atau IP si A .. cara paling mudah adalah tanya ke mereka, bila mereka tidak tahu minta mereka ketik command : /netinfo di dalam battlenet , nanti ada 2 atau 3 baris ip nah baris pertama adalah ip mereka sendiri ... minta ip tersebut...

    klik START - RUN , ketik CMD .. nanti di command prompt ketik :
    tracert <ip B>

    nanti kita akan lihat data dari PC kita untuk sampai ke IP si B itu lewatin berapa server , lalu kecepatan/latency setiap server itu berapa dll ...

    bandingkan dengan hasil tracert IP A , lalu juga minta teman kamu yang ke B gak lag untuk melakukan hal yang sama .. dan bandingkan hasilnya ...

    dari sana bisa terlihat yang membuat lama itu karena apa ^_^
    BOT SICA, ANGGIL :
    statistik : http://bot.dota.web.id
    pendaftaran : http://bunglon.net/viewforum.php?f=239

  5. #4

    Join Date
    Jan 2009
    Posts
    23
    Points
    30.30
    Thanks: 0 / 0 / 0

    Default

    coba kk dikasi liat contoh gamenya berupa SR nya ..
    beserta ss ping .. dan nick id yg slalu lag tersebut apa ?
    sry kk gw gx bisa kasi yg u minta...
    gw pgn bahas secara teknis aj...
    lagipula klo gw kasi segala mcm yg u minta sepertinya gx mempengaruhi knp dy lag ato gmn2 d...
    ^^...


    hmmm kita bahas agak teknis yah ...

    aliran data, kecepatan, kapasitas bisa kita ibaratkan dengan jalur bis antar kota. Misalkan kamu dan temanmu ada di Jakarta dan kalian mau ke tempat teman yang lain di Bandung. Kamu menggunakan BIS A sementara Temanmu memilih menggunakan BIS B dan kapasitas kedua bis tersebut sama . Kalian berangkat dari terminalyang sama dan jam yang sama, tapi rute bis tersebut beda. Katakan rute bis A melalui jalur puncak, sementara rute bis B melalui purwakarta. Siapa yang sampai lebih dahulu ?

    jawabannya : Relatif tergantung beberapa faktor :
    1. Lebar jalan yang mereka lalui
    2. banyaknya kendaraan lain yang lewat di jalan yang sama
    3. Kecepatan tempuh bis itu
    4. Kondisi jalan
    5. Tempat-tempat pemberhentian seperti untuk waktu makan, waktu isi bensin dll
    6. Kondisi bis tersebut
    7. Hal-hal insidentil

    kombinasi semua faktor itu mempengaruhi waktu tempuh kita ...

    nah kalau di ibaratkan :
    perusahaan bis adalaha isp kita, bis itu adalah koneksi kita, kita adalah data yang dikirim, kapasitas bis adalah kapasitas bandwidth yang kita beli, rute jalan adalah rute yang dibuat oleh isp kita untuk sampai ke tujuan, terminal awal berangkat adalah rumah kamu, terminal kedatangan adalah server ISP tujuan kamu maka saat pengiriman data itu faktoryang berpengaruh :
    1. Lebar jalan yang dilalui, ini merupakan kapasitas dari jalur bandwidth yang dimiliki oleh isp tersebut. Beberapa ISP menerapkan system shared per wilayah, misalkan mereka membuat backbone 5mbps untuk wilayah jakarta utara nah kapasitas ini di share tidak hanya ke misalkan 40 pelanggan 128kbps ( 40 x 128kbps = 5mbps ) melainkanbisa ke 100 pelanggan 128kbps ... jadi disini backbone sangat berpengaruh
    2. Banyaknya kendaraan lain yang lewat, kendaraan diibaratkan koneksi ataupun data yang lewat jalur backbone yg sama, semakin banyak kendaraan di satu jalan maka kemungkinan terjadi antrian semakin besar nah sama halnya dengan data, semakin banyak data lewat di jalur koneksi yang sama maka akan terjadi antrian data
    3. Kecepatan tempuh bis itu dapat di analogikan dengan latency, hanya saja kalau kecepatan itu dihitung per jam latency dihitung per millisecond. Latency adalah waktu tempuh untuk mengirimkan data dari satu titik ke titiklain.
    4. Kondisi jalan , ini bisa dianalogikan dengan medium transfer data yang dipergunakan. Apakah fiber optic ? kabel lan standar ? wireless ? dll ... dan bukan sekedar dari rumah kamu ke kantor isp tapi juga dari ISP kamu ke OpenIXP / IIX di gedung cyber.Yang terbaik adalah FO
    5. Tempat pemberhentian bisa diibaratkan seperti server-server yang mengolah data pengiriman, bila server kurang bagus dan data banyak maka akan terjadi antrian di tempat pemberhentian ini ... karena koneksi saat kamu ke A atau B itu akan melewati beberapa server ISP kamu...
    6. Kondisi bis, bisa diibaratkan dengan kondisi koneksi kamu saat itu
    7. Hal hal lain, misalkan routing method di ISP , cuaca dll ....

    nah semua faktor itu pengaruh saat kamu connect ke suatu tempat ...

    Bisa jadi A menggunakan ISP yang sama sehingga jalur data kamu ke dia cepat dan tidak delay , sementara B menggunakan ISP lain yang justru dari ISP kamu ke dia ada sedikit trouble tapi dari teman kamu ke tempat B tidak ada masalah atau malahan dia 1 ISP sama si B...

    Ini gambaran peta jalur transfer data secara sederhana :

    Home -- Server ISP -- Server 1 ISP 1 -- Server 2 ISP dst ---- OPENIXP/IIX ---- Server ISP 2 -- server 2 ISP 2 dst -- Tujuan

    itu untuk yang beda ISP ,sementara kalau sama biasanya dari server2 ISP bakal lgsg ke IP tujuan ..

    gimana cara cari tahunya ?

    pertama kamu harus tahu IP server sana, misalkan IP si B atau IP si A .. cara paling mudah adalah tanya ke mereka, bila mereka tidak tahu minta mereka ketik command : /netinfo di dalam battlenet , nanti ada 2 atau 3 baris ip nah baris pertama adalah ip mereka sendiri ... minta ip tersebut...

    klik START - RUN , ketik CMD .. nanti di command prompt ketik :
    tracert <ip B>

    nanti kita akan lihat data dari PC kita untuk sampai ke IP si B itu lewatin berapa server , lalu kecepatan/latency setiap server itu berapa dll ...

    bandingkan dengan hasil tracert IP A , lalu juga minta teman kamu yang ke B gak lag untuk melakukan hal yang sama .. dan bandingkan hasilnya ...

    dari sana bisa terlihat yang membuat lama itu karena apa ^_^
    nah pembahasan kek gni yg gw suka...
    tq kk pencerahannya...
    tar gw coba cek ipnya d..
    key^^...

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •