alo admin, mod atau user2 idgs, mau tanya nih ping dr dos ke dota public brp yah? mo cek koneksi fastnet g error trus. tiap kali g cr8 pas war besar lag semua... HELP!
alo admin, mod atau user2 idgs, mau tanya nih ping dr dos ke dota public brp yah? mo cek koneksi fastnet g error trus. tiap kali g cr8 pas war besar lag semua... HELP!
masih error ? sudah bisa ping kah ? saya sih normal" aja...klo sudah normal konfirm klo tidak konfirm lg
masih error bro.. minta ip nya biar g bisa cek lgsg deh.. kayanya byk RTO nya nih bro T.T
Bro...coba ping ke detik.com atau kapanlagi.com selagi itu emang masih dalam lingkungan IIX (Local).
Nge ping ke server dota juga ga ada guna nya sih. Wong kamu main dota itu hubungannya langsung ke Yang Create / Bot yang create.
Jadinya...coba saran saya diatas tadi.
Gue jelasin beberapa point penting aja buat TS :
1. Kalau kita create normal, tidak ada hubungan ke server indogamers ... yang ada hanya dari server yang create ke user yang join .. kamu bisa aja dc dari indogamers server tapi selama masih di dalam room dan client masih connect ke yang create yah gk akan dc dari room ... jadi lag yang ada itu bukan dari server indogamers ... pengecualian ada kalau create menggunakan bot tapi ini dah pembahasan tersendiri yah ^^
2. FASTNET adalah layanan berbasis UP TO dan Asynchronous system .. yaitu bandwidth yang ada itu dishare ke beberapa pelanggan dan antara bandwidth download dan upload tidak sama, dimana download lebih besar dibanding upload ... gue bahas yang pertama .. saat kamu ambil layanan fastnet akan ada kata2 kecepatan sampai dengan xxx kbps atau bandwidth up to xxx kbps .. XXX disini adalah KECEPATAN MAKSIMAL yang akan kamu dapatkan TAPI BUKAN BERARTI SPEED KAMU AKAN SELALU SEJUMLAH ITU ... XXX disini bisa dianggap, speed yang akan kamu dapatkan adalah DARI 0,01 s/d XXX kbps , karena fastnet tidak menyebutkan kecepetan minimal berapa yang pasti akan didapatkan kamu ... dan fastnet menggunakan system kuota wilayah / backbone .. jadi beberapa pelanggan ( biasanya di wilayah yang berdekatan ) akan terhubung ke 1 backbone yang sama .. backbone-nya ini akan di set dengan kecepatan tertentu tapi bukan merupakan perkalian dari jumlah pelanggan ke kecepatan maksimal ^^ .. misalkan b/w backbone 10 mbps iix , ini bisa aja di share ke 100 user fastnet paket rumahan yang up to 256 atau 512 kbps ... kalau banyak user di wilayah itu lagi gak connect, user lain akan dapatkan kecepatan maksimal yang dia janjikan tapi kalau banyak user yang connect maka kecepatan setiap user akan turun ... nanti lebih lanjutnya ada system prioritas berdasarkan biaya langganan/paket yang diambil, semakin mahal prioritas mendapatkan speed bagus semakin tinggi ...
3. Perbedaan speed upload dan download di fastnet ... saat kamu ambil layanan , kecepatan yang dituliskan adalah KECEPATAN DOWNLOAD bukan KECEPATAN UPLOAD ... upload di fastnet jauh lebih kecil dibandingkan download-nya ... coba akses www.speedtest.net dan ambil server yang di jakarta untuk tahu berapa sebenernya kecepatan upload kamu ...
gabungan dari point 2 dan 3 nanti menentukan saat kamu create game ... create game di dota membutuhkan minimal speed upload dan download masing2 sekitar 150-200 kbps untuk room 5 vs 5 agar lancar ... kalau salah satu speed ini dibawah kebutuhannya maka saat war / in-game akan terjadi lag parah ....
faktor lain yang menentukan adalah LATENCY baik server ke client ataupun client ke server .. karena kita di indonesia paling adil adalah membandingkan latency ke IIX server .. penentuan latency juga dipengaruhi beberapa faktor :
1. Prioritas bandwidth di jaringan kamu, misalkan kamu share koneksi dan ada yg browsing atau kamu sambil browsing maka latency untuk yang lain akan jadi tinggi karena browsing / port 80 memiliki prioritas lebih tinggi ...
2. Kualitas media bandwidth dan seberapa jauh ke server serta infrastruktur setiap server yang dilewati ... ada cara mudah untuk tes point 2 ini, yaitu masuk ke DOS dan ketik command : tracert detik.com , tracert kompas.com , ataupun tracert ke server2 game di indonesia .. kamu akan bisa lihat time latency di setiap server yg kamu lewati sampe ke IIX ...
latency akan pengaruh ke delay di dalam game, semakin tinggi latency berarti data yang dikirim akan semakin lama dan akan menimbulkan delay/lag yang parah bahkan bisa dc bila data yang sampai melebihi batas waktu tertentu ( default warcraft : 250ms, warcraft 1.24b jadi 100ms , atau bisa di set pake Delay Reducer ) ...
Terakhir, gue gak saranin koneksi fastnet, speedy dan layanan berbasis up to apalagi yang speed download dan upload tidak seimbang untuk create room langsung di pc mereka KECUALI mereka ambil layanan yang mahal ataupun di wilayah sekitarnya tidak banyak yang menggunakan provider yang sama ^^
BOT SICA, ANGGIL :
statistik : http://bot.dota.web.id
pendaftaran : http://bunglon.net/viewforum.php?f=239
thanks buat tetsuzin buat jawabannya.. and thanks byk buat reshine buat jawaban yg panjang dan lebar namun komplit.. rupanya begitu yah. gue lom tes sih maklum ini di kantor. jadi solusi nya yg paling tepat kalau mau cr8 itu pk bot ya bro? ok deh. thanks atas jawabannya silahkan di lock ini thread.. thanks and big thumb up buat mod dan admin idgs :-bd
Share This Thread